PENGGUNAAN METODE BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIIᴬ SMP NEGERI 2 PINGGIR
Keywords:
Beach Ball, Student ActivityAbstract
This study aims to determine how much student activity has increased after the application of the beach ball learning method to PAI and BP subjects at SMP Negeri 2 Pinggir. This research is a type of classroom action research, with the beach ball learning method. The research subjects were 15 students in class VIIᴬ at SMP Negeri 2 Pinggir in 2022 and what was observed was the activeness of the students. The data collection technique of this research uses interviews, observation sheets and documentation. The results of this study were that students' learning activeness increased after the beach ball method was applied. In cycle I meeting 1 it was 53.06%, in cycle I meeting 2 it was 70.66%, it had reached the predetermined indicator of 70% but the increase had not yet been achieved. significant. Researchers continued cycle II at meeting 1 student learning activeness increased to 77.86% then in cycle II meeting 2 with improvement efforts that had been made student learning activity continued to increase to 78.93% based on the active category. This indicates that the action taken has been achieved.
References
Jurnal
a. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (1 penulis)
Ermayani. Vol. 5, No. 2, 2017. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi beach ball Pada Materi Novel di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Universitas Islam Riau.
Su’dadah. Vol 2, No 1 2014. Pendidikan Budi Pekerti(Integrasi Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekerti). Tarbiyah. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.
b. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (2 - 6 penulis)
Tahmi & Nurming Saleh. Vol. 2, No. 2, 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Beach Ball (Bola Pantai) Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa. Eralingua Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.
Yulia, dkk. Vol. 1 No. 3 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Beach Ball Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V UPT SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang. Juara SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makasar.
Buku
a. Buku (1 penulis)
Abdullah Ridwan Sani. 2016. Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Hamzah Uno. 2015. Belajar dengan pendekatan PAIKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta. Bumi Aksara.
Hawi Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Juanda Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish
Krisno Agus Budiyanto. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Liansari Vevy. Cet 1 2020. Strategi Pembelajaran. Jawa Timur: UMSIDA Press.
Nur Wahyudin Nasution. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Rohidin. 2020. Pendidikan Agama Islam Sebuah Pengantar. Yogyakarta: FH UII Press.
Rusman. Cet 5 2018. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
S. Syifa Mukrimaa. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Indonesian University of Education.
Salirawati Das. 2018. Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Professional. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya Wina. Cet 10 2018. Strategi Pemeblajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. Cet 1 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh.
Suyoto. 2021. Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNISRI Press.
Syaiful Anwar. 2014. Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya. Idea Press: Yogyakarta.
b. Buku (2 - 6 penulis)
Arikonto Suharsimi, dkk. Cet 2 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudirman & Rosmini Maru. Cet 2 2016. Implementasi Model-Model Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Suriyansyah, Ahmad, dkk. Cet 1 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
c. Buku (lebih dari 6 penulis)
Deperteman Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI). Jakarta: Pusat Bahasa.
Sama, dkk. 2021. Psikologi Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Skripsi, Tesis, atau Disertasi
Riyadi, M. (1996). Model Pembelajaran PAI di Masyarakat Pesisir Pantai. UIN Sunan Gunung Djati.
Ardiyanto. 2020. Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp N 26 Tanjung Jabung Timur. PAI. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Nur Indah Akbar. 2014. Penerapan Model PAIKEM Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 07 Metro Timur. FKIP. Lampung: Universitas Lampung.
Nurul Husna. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan. FKIP: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Oktaviani, 2018, Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa denga Penerapan Strategi Pembelajaran Beach Ball Pada Kelas VIII Smp Negeri 2 Palupuh Kabupaten Agam. FITK. Bukuttinggi: IAIN Bikittinggi.
Sa’adah Siti. 2015. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Di Kelas V SDN Pisangan 03. PGMI. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Nurul Husna. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan. FKIP: Universitas Cokroaminoto Palopo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.