Aksiologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam dan Barat

Pemahaman Aksiologi, Pendidikan islam, dan tinjauan dari segi islam dan barat

Authors

  • Fasih Moh Fasikhul Lisan Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

Keywords:

Aksiologi, Pendidikan Islam, Perspektif Islam dan Barat

Abstract

Ajaran islam adalah serangkaian nilai-nilai yang menjadi pedoman hidup sesuai dengan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pendidikan islam adalah upaya untuk mengarahkan perkembangan seseorang menuju nilai-nilai islam, baik dengan sengaja maupun tanpa disadari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong seseorang agar menjadi manusia yang memahami pendidikan islam baik dari negara barat maupun negaranya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode library riset yakni dengan mengumpulkan berbagai buku, data-data yang terkait. Dalam analisis ini bahwasannya nilai-nilai pendidikan islam diakui sebagai krusial untuk mencapai kesejahteran, baik di dunia maupun di akhirat. Berdasarkan hasil analisis, dapat dinyatakan bahwa ranah aksiologi pendidikan islam memiliki dimensi yang luas dan mendalam, mencakup berbagai perbedaan.

References

Ahmad, H. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Perspektif Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Istiqra’, 7(2), 10–24.

Borrego, A. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. 10, 6.

Budiman, S., & Suharto, A. W. B. (2021). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Jasmani. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 505–514.

Darul, S., & Banyuanyar, U. (2021). Dimensi Aksiologis Pendidikan Islam. 4(2), 217–237.

El-Yunusi, M. Y. M., Yasmin, P., & Mubarok, L. (2023). Ontologi Filsafat Pendidikan Islam (Studi Kasus: Bahan Ajar Penerapan Literasi pada Peserta Didik). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6614–6624.

Fitriana, D. (2020). HAKIKAT DASAR PENDIDIKAN ISLAM. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 143–150.

Harahap, A. N., & Salminawati. (2022). Aksiologi Ilmu Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Journal Of Social Research, 1(3), 748–753.

Hasanah, U. (2020). Aksiologi Ilmu Dalam Tradisi Islam Dan Barat. In Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Mulana Hasanuddin Banten (pp. 1–6).

Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika, 9(2).

Makki, M. (2022). Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat terhadap Pendidikan Islam. Al-Musannif, 1(2), 110–124.

Mayasari, A., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Keislaman. 5, 218–225.

Mualimah, H. (2022). Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam Tarbiyah, Ta’Lim, Ta’Dib. Bacaka: Jurnal …, 2(2).

Mujiburrohman. (2022). Peta Pemikiran Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 261–271.

Nur, M. H., Soe’oed, R., & Khojir. (2022). Pendidikan Perspektif Islam Rekonstruksionisme. Istighna, 5(2), 208.

Nurhayati, I. (2019). Telaah Konseptual Pendidikan Barat dan Islam. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 118.

Shaifudin, A. (2022). Hakikat Pendidikan Dalam Perspektif Islam dan Barat. 198–223.

Syahbudin, A., Jamalie, Z., Noor, I., Iqbal, M., & Basir, Abd. (2023). Agama dan Pendidikan di Barat dan Dunia Islam. Jurnal Mu’allim, 5(1), 84–98.

Tabrani ZA. (2021). Ilmu Pendidikan Islam (antara Tradisional dan Modern). 1–23.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Moh Fasikhul Lisan, F., & Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. (2024). Aksiologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam dan Barat: Pemahaman Aksiologi, Pendidikan islam, dan tinjauan dari segi islam dan barat. El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 113–121. Retrieved from https://ejournal.staihwduri.ac.id/index.php/eldarisa/article/view/68