Implementasi Model Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Project Based Learning Di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul
Implementasi Model Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Project Based Learning Di SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul
Keywords:
Merode Pembelajaran; Project Based Learning; PendidikanAbstract
Rendahnya minat anak didik khususnya dalam belajar akidah akhlak di SMK Muhammadiyah Imogiri menjadi latar belakang dari penelitian ini. Rendahnya minat tersebut ditandai dengan monotonnya metode pembelajaran akidah akhlak dengan metode verbalistik. Hal ini menimbulkan kejenuhan siswa dalam belajar. Beberapa guru juga terbentur dengan keterbatasan dalam penggunaan tekhnologi. Oleh sebab itu pengembangan metode belajar dirubah dengan gaya pembelajaran project based learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini untuk melihat efektifitas penerapan metode pembelajaran aqidah akhlak berbasis project based learning di SMK Muhammadiyah Imogiri. Metode penelitian menggunakan metode tindakan kelas dengan tahap perencanaan dan praktik tindakan kelas. Hasil penelitian menyatakan sebagian besar anak didik mulai tertarik untuk belajar aqidah akhlak, mulai memperdalam ilmu agama, aktif dan kooperatif dalam kerja kelompok, inovatif, kritis mampu memecahkan masalah dan manajemen waktu, serta ketertarikan pada suatu mata pelajaran cinderung meningkat.
References
Ai Sri Nurhayati, D. H. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). KEMENDIKBUD.GO.ID.
Ayu, Ida, Kade Sastrika, I. Wayan Sadia, dan I. W. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadsp Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA 3, 1–10.
Dahlan, A., Dahlan, A., & Dahlan, U. A. (2021). ANALISIS MANAJEMEN RISIKO DALAM PELAKSANAAN. 6, 1–12.
eri Egi Rusmana, A. A. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. JESA, 1(1), 1–12.
Firda, A. L. Al, & Pamungkas, N. C. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Project Based Learning Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Ngesrep Boyolali. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 254–260. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.114
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh. PT. Remaja Rosdakarya.
Husamah. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.
Irsyad, A. M. (2022). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di sekolah menengah atas negeri arjasa jember tahun pelajaran 2021/2022.
Kalijaga, U. I. N. S. (2024). KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 2 MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA Shokhekul Huda Pascasarjana , UIN Sunan kalijaga , Yogyakarta , Indonesia Muh . Wasith Achadi Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8(1), 1–10. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2929
Khalil, Nadhira Azra, dan M. R. W. 202. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 21–30.
Nadziroh, Chairiyah, W. P. (2018). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Trihayu 4(3), 400–405. https://doi.org/10.31078/jk718
Nilakusmawati, D. (2015). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Udayana.
Samsuri, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Base Learning) pada Pelajaran IPD di Masa Pandemi : Studi Kasus di Mts Ma’arif Al-Mukarrom. IAIN Ponorogo.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. 1, 309–322.
Wahyuni, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. 3(1), 320–327.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.